DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE

 

DASAR PEMROGRAMAN WEBSITE


1. Pengertian Website

Website atau situs adalah kumpulan halaman yang menampilkan informasi data teks, data gambar diam atau gerak, data animasi, suara, video dan atau gabungan dari semuanya, baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian bangunan yang saling terkait dimana masing-masing dihubungkan dengan jaringan-jaringan halaman (hyperlink).

2. Pemahaman Dasar HTML

Pada dasarnya HTML adalah sebuah standar yang digunakan dalam dunia web. HTML bersifat fleksibel, artinya HTML dapat disisipi kode-kode script seperti Javascript, VBScript, dan bahasa pemrograman lainnya yang berbasis web seperti PHP dan ASP.

HTML (HyperText Markup Language) adalah sebuah bahasa kode berbasis teks untuk membuat web. Keberadaannya dikenal dengan ekstensi *.htm, atau *.html, misalkan index.html. HTML adalah sebuah bahasa dasar pemrograman web. Setiap orang yang ingin menjadi programmer web maka ia harus mempelajari bahasa pemrograman HTML sebagai ilmu dasar untuk menjadi seorang web programmer.

Untuk membuat file HTML, Anda dapat menggunakan software editor seperti Notepad, Notepad++, Adobe Dreameaver, Wordpad, Ms. Fronpage, dan beberapa software editor lainnya.

Contoh Elemen HTML :



<html>
<head>
                <title>Text ini akan ditampilkan di caption browser</title>
</head>
<body>
<h2> Judul Tulisan </h2>
<p>
                Isi / content dituliskan di sini
</p>     
</body>
</html>



3. Cara Membuat File/Dokumen HTML

Cara membuat file/dokumen html sangatlah mudah. Kita hanya tinggal menuliskan kode html pada software editor, kemudian kita simpan/save dengan ekstensi .html atau htm. Kemudian cara untuk mengeksekusi dokumen html, yaitu dengan klik double pada file html yang akan dijalankan/eksekusi.

0 comments:

Copyright © 2012 Berbagi dan Menulis Agar Tidak Lupa.